Jum. Des 6th, 2019

BADAN PENYULUHAN DAN PENGEMBANGAN SDM PERTANIAN KEMENTERIAN PERTANIAN

SEJARAH

Balai Latihan Pegawai Pertanian (BLPP) Lampung berdiri pada tahun 1985 dengan Surat Keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor:2269/KPTS/610/4/1985 tanggal 11 April 1985 dengan nama Proyek Pembinaan Pendidikan dan Latihan Pertanian Lampung berkantor menyatu dengan Balai Informasi  Pertanian (BIP) Tegineneng Lampung Selatan.

Pada tahun 1986 BLPP dibangun dengan anggaran dari Bank Dunia melalui proyek Internasional Bank Recounper Development (IBRP)  BLPP Hajimena Lampung, maka untuk  kegiatan latihan dimulai bulan Agustus tahun 1986. Pada tahun 1987 bangunan fisik maupun sarana latihan telah selesai dibangun dan siap digunakan

Berkenaan dengan  Undang-Undang No. 22 Tahun 1999 Tentang Otonomi Daerah, pada tahun 2001 UPT Balai Latihan Pegawai Pertanian (BLPP) Hajimena Lampung berubah menjadi UPTD Balai Diklat Pertanian (BDP) Hajimena Lampung, BLPP diserahkan ke Daerah, dengan Surat Keputusan Gubernur  Nomor: 03 tahun 2001 tentang Pembentukan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Provinsi Lampung.

Berdasarkan PP Nomor 41/2007 maka UPTD diatur kembali dengan Pergub Nomor 14/2008 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja di UPTD pada Dinas Daerah Provinsi Lampung. UPTD Balai Diklat Pertanian Lampung berada di bawah Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung.

Pada tahun 2009  UPTD Balai Diklat Pertanian Lampung kembali menjadi UPT Pusat, berubah namanya menjadi Balai Pelatihan Pertanian ( BPP ) Lampung dengan terbitnya Peraturan Menteri Pertanian Nomor 10/Permentan/OT.140/2/2009 tanggal 9 Februari 2009 dan diperbaharui dengan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 109/Permentan/OT.140/10/ 2013 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pelatihan Pertanian (BPP)  Lampung. BPP Lampung adalah unit pelaksana teknis di bidang pelatihan pertanian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian, yang secara teknis di bina oleh Kepala Pusat Pengembangan Pelatihan Pertanian.

BPP Lampung mempunyai tugas melaksanakan pelatihan teknis, fungsional, dan kewirausahaan di bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura dataran rendah bagi aparatur dan non aparatur pertanian dengan wilayah kerja 4 (empat) provinsi yaitu Propinsi Lampung, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, dan Bengkulu. Dalam menjalankan tugas bertanggung jawab kepada Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian dan secara teknis dibina oleh Kepala Pusat Pelatihan Pertanian .

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.